Wednesday, December 24, 2008

Semangat hari raya

Sore, sehari sebelum Natal.
Ruangan di gedung ini sudah hampir kosong setengahnya..

Memang selalu mengasyikkan jika suatu hari Raya tiba.. liburan, nonton film, dan aura dari mereka yang merayakan.. Saya bisa melihat betapa antusiasnya mereka yang ijin pulang setengah hari supaya dapat bersiap lebih dini pergiu ke gereja. Beberapa diantaranya ada yang berniat untuk melewatinya dengan pakaian baru, dan ada pula yang hanya bersiap dengan hati atau jiwa yang baru. Ada senyum dan selalu tersenyum. Mengambil hikmah dari apa yang dirayakan.

Mengapa setelah dewasa, saya kurang dapat merasakan atmosfer kemenangan itu ya? Apa kesalahan ada di saya atau memang takbir atau seruan lainnya itu kurang intens dikumandangkan? Mungkin gabungan dari kedua faktor tersebut?.. Makin gede malah menganggap suatu perayaan hanya sebagai ritual, wakakakak, guenya juga sih yang Oon. Gak pernah beli baju baru lagi (yang dipake cuma baju bekas tahun lalu dari peninggalan tahun sebelumnya yang merupakan wasiat tahun lalunya lagi dimana pada tahun tersebut baju tersebut sudah di vonis akan dialmarhumkan).. giliran ke kondangan aja baru beli baju baru (hahaha, bener banget ni.. kadang gua juga merasa Tuhan akan melihat gue apa adanya.. sedangkan hamba-hambanya yang berada di pesta mah pasti tukang comment dan nilai.. atau gua yang pengen dapet penilaian? Biasalah ciri-ciri teenager labil. nah ini dia yang dikatakan pembenaran)..

Anjrit lama bener nih jam pulangnya.. haha, seharian bukannya kerja malah mikirin pulang. Kata si Bos, gue tergolong ke dalam kaum merugi.. semua menjadi tidak efektif. Yaaa, yaaa yaaa.. sebenernya ketidakefektifan itu sudah bermula saat perusahaan tersebut menerima gua, hahahahaha bego ya gue? Yaudah sekarang kita tunggu aja, untung ada ipod, untung ada keyboard dan komputernya.. Sabar Vintya!

Back to the topik. Saya juga kadang suka lupa dengan makna dari suatu hari raya yang saya rasakan, atau bahkan malah belum sempat tahu.. dan dengan bodohnya merasa tidak mau tahu dengan cara tidak mencari tahu. Mungkin saya harus balik lagi belajar kepada anak-anak. Kepada mereka yang katanya belum tahu banyak, tapi justru mereka lah yang paling bisa menikmati makna dari setiap hari raya. Masa kecil saya cukup menyenangkan, sangat bahkan. Seperti kebanyakan anak kecil lainnya. Yang suka bermain hujan-hujanan (dan sekarang saya suka males kalo kena hujan), yang cuek jika dirinya bau matahari (oh my God?? Haha lebih parah.. saya masih oke kok dengan matahari, gak ada masalah.. apalagi semenjak storenya semakin membooming di kota-kota besar, haha bego), yang dengan ikhlasnya berteman dengan teman yang lain.. dan dengan bebas berkomentar apapun tanpa kemunafikan.

Mudah-mudahan masih banyak orang yang bisa merasakan makna dari perayaan Hari Raya mereka masing-masing. Oya, tadi gue lihat orang kantor (dia merayakan natal), tapi kok masih disini ya jam segini? Emang gak mau ke gereja apa dia? Sibuk dengan aktivitas duniawi atau memang lagi ribut sama orang rumah? Yayaya, terlepas dari apapun jawabannya, kenapa sih hari ini gak dijadiin setengah hari kerja?? Katanya pelajaran PMP/ PPKN kita harus bisa bertoleransi walaupun berbeda agama?? Berarti susah senang kita bersama dong (jangan elo elo gue gue, lo mati gue tahlilan, hahahaha bego lagi). Masa yang merayakan natal gapapa dikasih ijin setengah hari, tapi yang gak merayakan? emosi jiwa (ini khusus gue) dan merasa merana menunggu jarum jam yang pemalas itu, (buseet bergerak aja males.. apalagi disuruh kerja tuh jarum jam???).. kita ikut pulang aja deh, semangat toleransi..

Well anyway, selamat berlibur ya.. satu dua tiga, kabuuuuuuurrrr..
Sssstttt pelan-pelan aja ntar ketauan bosnya..
Daaaaaahhhh selamat berlibur ya… (bisik-bisik biar gak kedengeran si bos)

No comments: