Thursday, January 7, 2010

Salah satu kelemahan Vintya!!

#Fb 27 Agustus 2009

Sumpah demi kecantikan dewi Fortuna, (kenapa yg kepikiran malah dia ya?haha) Well gue sih nganggep dia beruntung, yaaa anggep aja saking beruntungnya she's got the look juga, hehe.. (Wondering mukenya)), bahwa gue gak suka baca. Kalo gue boong, niscaya dia ga akan segitu beruntungnya lagi dan kadar kecantikannya turun 3 derajat.

Gue inget, disaaat temen sebangku gue pas sma udah ganti komik ke seri berikutnya, gue belum sampe ke tengah halaman pun.. 2jam lewat.. Dan belum beres juga aja, hahaha HELLOW??komik doang gitu loch?? Serial cantik pula. Dimana si penulisnya udah berbaik hati supaya kita ga ngegunain otak secuil pun, mereka cuma butuh diapresiasi senyum kita sambil bergumam (uuuuwww tampan!! Tampan.. Atau aaaah kisah yang dramatis..) disertai rasa nyandu yg berlebihan sehingga kita melanjutkan baca lagi dan baca lagi. Dan bloonnya, gue malah ga selesai baca tuh komik, memutuskan untuk melanjutkannya besok hari.. Atau kisah yang lain disaat temen gue uda mulai naik pitam karena pinjem buku Harry Potter seri 2 sampe berbulan-bulan.. Ahhaha padahal gue belum baca aja pas balikinnya..

Apalagi disuruh baca koran? Hahahaha.. Paling gue baca bagian gosip artis.. Headline depan kalo perlu ga gue baca. Sekarang setelah menjadi karyawati, gue kena kutukan aja, tiap hari ada bapak satpam yang bawain Koran Kompas ke meja. Diantara segitu banyak pegawai yang mungkin juga seorang pembaca yg budiman or whatever, kenapa musti ditaro di meja gue siiiih?? Kan gue jd mau ga mau harus baca.. Tenang kali ini ada peningkatan signifikan, gue mulai belajar baca headline, dan menambah fokus bacaan.. Bukan sekadar terpaku di bagian gosip, tp juga diskon dan berita flight murahnya air asia, wakakakak.. Stupid doesn't play!

Kenapa ya? Kenapa ya gue ga suka baca? Padahal dulu pas masih kecil, gue suka lho baca koran.. Apalagi kalau bukan POS KOTA. Dimana judul setiap wacana lebih panjang daripada isinya hehe, misal judul "Seorang Pencopet dipukuli massa setelah mencopet seorang Ibu yang sedang menunggu bajaj di daerah Cinere karena dia sedang kepepet duit" buseeet, menurut gue beda bgt ni koran.. Kita ga perlu baca semua contentnya juga bs tau banyak.. Koran sakti untuk pembaca yang luar biasa punya banyak waktu luang untuk membaca judul. Gue jadi inget, tiap hari gue nyandu baca tuh koran yang kalo kelamaan dipegang bs nyebabin tangan jd hitam, luntur kena tinta, hahaha.. Gue nagih baca bagian Nah Ini Dia (what??? Anak kecil macam apa yg demen baca bacaan pendek kayak begituan??? Hahaahha tolol!), Noni (si cewe yg sok kece), Doyok, Ucha, dll.. Eh tp ni koran seru! Serius.. Tapi sampai akhirnya Tuhan menyelamatkan saya, entah kenapa saya berpisah dengan koran narkoba itu, koran yg bikin nyandu.. Wakakak

Kenapa ya? Bahkan komik? Mungkin karena kalo baca gue terlalu pake hati. 1 halaman bisa diulang berapa kali. Misal, baca sekilas, baca pake suara, baca titik komanya pun disebut. Emang aneh bgt gue kadang. Makanya gue suka trauma gitu kalo suruh baca, karena gue harus siap dengan keadaan membaca juga setiap tanda baca. Misalnya, "Ciat hyyaaaat awas kau Goku tanda seru tanda seru"--> gue lafalin dalam hati. Padahal tuh tulisannya cuma "awas kau Goku!!".. Meeeeeen, kenapa tiba-tiba gue ngerasa masa kecil gue cukup FREAK, hahahahaa.. Eh tp bener deh, membaca jd sesuatu yg melelahkan..

Yah ga aneh" bgt sih, gue juga suka Hans and Gretel (karena gue suka rumah coklatnya, hehe), suka buku cerita bergambar yg tipis itu lho, yg full gambar.. Beranjak gede, gue suka baca buku komik tokoh2. Gedean dikit, gue suka baca buku peribahasa. Gedean dikit gue suka baca Kamus Besar Bahasa Indonesia.. Hahaha, yg ini Freak!! Itu semua karena guru SMA Bahasa Indonesia gue suka kasih PR yang mengartikan suka kata dr KBBI.

Diumur yg sekian, gue merasa sedih karena ternyata dikit banget buku yg gue baca.. Kalau ditanya orang, "tau gak bukunya si ini tentang anu", maka gue akan menjawab, "tau" dalam pelafalan yang panjang alias "taaaaaaaau" alias kagak tau! Hehe ala mandra banget ga seeeh gue hahaha. Ya mau begimana lg, mata gue lebih suka melihat sesuatu yg bergerak dalam kotak kecil bernama televisi.. Bukannya menggerakkan bola mata gue untuk melihat tulisan dalam sebuah persegi bernama buku (cieee keren banget gue bisa kepikiran nulis gini)..

Iri aja gitu sama orang yg antusias "Eh Gramedia lagi diskon, kesitu yuk" hahaha.. Gue jd wondering kayanya bokap gue cukup senang yah karena pas gue kecil gue ga bikin dia bangkrut dengan minta dibelikan buku cerita ini itu.. Atau gue suka aja liat orang yg bawa buku novel, trs ngebaca di jalan.. atau jalan2 ke kwitang hunting buku murah.. Hahaha keren-keren.. Kapan yah kalau gue gitu..
Mungkin saat neraka menjadi dingin alias kagak mungkin kaliiii..

Aaaaarrrghh, tapi gue suka nulis.. Alhasil ya gini.. Abis nulis sesuatu ga pernah dibaca ulang dulu.. Makanya suka banyak salah tanda baca, ketik, dll.. Hehe.. Ga teliti kalau ngecek ulangan harian dll.. Ya ya ya..

Oya salah satu hal yang bikin gue ngaco kalo lg baca, gue suka ngehang.. Dari baris ke 2 trs loncat ke baris 4, nah loh? PR banget kan tiba" lagi hot"nya baca eh ga nambung kalimatnya lantaran gue salah baca baris..

Nah pas gue suka dihadiah kalo menang sesuatu, gue berharap bgt, "plis hadiahnya jangan buku.." Haha tapi ga mungkin, dunia akademis gemar sekali memberikan kenang-kenang buku untuk dijadikan pajangan dikamar.. Tapi malang tak dapat ditolak, Tuhan tetap ingin supaya belajar membaca. Kompetensi gue seharusnya : membaca menulis mendengar dan berbicara (sebagai seorang S.IKom muda yang berbakat dan ingin tampil mempesona).. Well, memang sudah waktunya kali ya belajar menyukai membaca..

Tp saya punya misi yg lebih penting saat ini, sebelum membiasakan diri suka membaca.. Saya memilih untuk membiasakan makan nasi terlebih dahulu, hehe.. Supaya punya tenaga buat baca.. Yang ada malah ngantuk dan keburu ga baca lagi. Hehe, saya suka diri saya yg seperti ini. Suka suki, gue yang suka lo yang keki..

-sebuah insomia produktif setelah chatting dengan erdit yg bercerita bahwa dia sangat suka membaca, haha.. Hebats!

No comments: