Friday, January 2, 2009

last note from bee

21.27 wib
Dua jam tiga puluh tiga menit lewat beberapa detik sebelum malam pergantian tahun.
Aku terdiam di balik setir sambil mendengarkan lantunan lirik yang sudah diulang keseribuan kali dalam satu minggu ini. "Bagaimana bila akhirnya ku cinta kau, dari kekuranganmu hingga lebihmu".. mungkin yang lebih tepat adalah "Bagaimana aku bisa mencintai kamu yang sebenarnya tidak pernah ada", haha sakit jiwa.
Bulan cemburu pada kembang api yang lebih dinanti. Tanpa sinarnya malam pun sudah terlihat warna-warni. Dan bintang itu, sumpah aku melihatnya! ada satu bintang yang terletak dekat dengan bulan seakan sengaja menemani kesendirian bulan. Dari dalam sini aku melihat sekelilingku, seseorang berdiri di atas motornya, tak sabar dengan kemacetan. Suara klakson semakin mencengang, tawa seorang perempuan muda sambil memeluk pinggang kekasihnya, anak-anak kecil bertelanjang kaki berlari kecil di tengah ruas jalan yang ditutup polisi yang masih asyik meniupi pluitnya. Dan aku termenung melihat bulan. Tanpa tahu dimana saya akan melewati malam terakhir di tahun ini, entah dijalan tol yang lapang atau dimana, tapi aku hanya ingin pergi dari tempat itu. Dimana keberadaanku sudah seperti seorang tamu asing yang bisa ditinggalkan tuan rumah yang sibuk melakukan hal lain.

Tanpa tahu dimana saya akan melewati malam terakhir di tahun ini, setidaknya saya sudah mengambil keputusan yang paling tepat. Bulan tidak butuh pekikan antusias manusia dibawahnya. Pada akhirnya manusia akan berharap keberadaan bulan suatu saat, ketika malam sudah sangat gelap. Ketika redup dan terangnya sinar bulan sudah sangat terbiasa untuk melengkapi malam. Walaupun tetap saja bulan terlihat tidak menarik. Padahal bulan selalu hadir setiap hari, manusia saja yang tidak menyadari ketampakan bulan. Aku hanya perlu menunggu satu bintang itu. Bintang yang tepat berada di samping bulan menjelang awal 2009.

00.00
Selamat tahun baru. Selamat tinggal 2008, tahun istimewa, tahun kabisat..

00.01
2009, akan seperti apa lagi cerita hidup yang akan ditulis oleh tahun ini?
Tidak. Kali ini, aku yang akan menuliskan cerita..

No comments: