Saturday, January 31, 2009

Ketika Tuhan Maha Tidak Romantis

Saya adalah mahluknya, yang merasa dicintai. Sedangkan bagian mencintai adalah mukjizat untuk diri. Mukjizat yang tertanam untuk manusia biasa yang bukan tergolong kasta nabi.
Sebagai gemini, saya merasa seringnya Tuhan itu Maha Romantis.. Dan bagian tidak romantisnya? Sepersekian kecil berjalan pada saat dimana saya bisa menangis sambil mendendangkan lagu, mengiringi nyanyian penyanyi dalam cd.. Oh my darling oh my darling.. what was happened on earth? Aku dizalimi..
Mungkin moment itu juga terjadi sewaktu ogeb yg gelisah tiba-tiba merasa bahwa patung pancoran pun mirip kekasihnya (krn takut kehilangan pacarnya), seperti yang dicurhatkannya dalam judul "satu jakarta muka dia semua".. Atau juga.. Ketika daus yang disinyalir sedang jatuh cinta itu berkeinginan untuk menyandarkan kepalanya diatas pangkuan sang terkasih, sehingga (mungkin) berhasil membangkitkan gejolaknya untuk menulis "cinta di januari yang baru"..
"Cintaku sebesar dunia.. Setinggi langit luas diangkasa.. Kepadamu.." Atau "You are mystery You are wishing well.. And you light me up when u ring my bell".. Kalimat dalam cuplikan lagu pengantar bunuh diri paling indah dalam simfoni cinta. Dimana-mana sll ada cinta cinta dan cinta.. Ketika engkau menjadikan dia sebagai detik dalam harimu.. Menjadikan dia sebagai detakan dalam jantungmu.. Menjadikan dia sebagai jejak dalam langkahmu.. Dan menjadikannya udara yang bisa menghidupimu..
Aku mengamati beberapa kejadian yang dialami teman-teman yang sedang dirundung masalah cinta.. Memang masalah ini yang paling enak dibahas.. Lucu. Mereka menghujat kejamnya dunia, pura-pura tegar menikmati menjalani perasaan sakit hati, ngebuzz via yahoo messengger pagi buta (bagian ini ga bisa gue tolelir, jd kl mau curhat inget waktu napa!!), dan akhirnya sama-sama melafalkan puisi tenar sang babi patkay dalam film Sun Gokong "beginilah cinta, deritanya tiada akhir"
Ow ow ow.. Kita rangkum saja bagian ini dalam judul Ketika Tuhan Maha Tidak Romantis!
Beruntunglah mereka yang bisa saling memiliki, karena bisa menertawakan si pencetus falsafah "cinta tak harus memiliki".. Haduh, sakitnya hati ini.. Berasa hati diuleg ibu-ibu dharma wanita.
Pertanyaan selanjutnya adalah, siapa yang sebenarnya kalian cintai? Mantan pacar? Gadis/pria bocah yang kau taksir diusia belia? Pacarmu sekarang? Atau malah belum ketemu? Pertanyaan kedua, bagi yang sudah menikah dengan perasaan cinta (selamat ya!! Anda org beruntung) adalah adakah bisikan yang membuat hatimu berteriak kencang "ini dia ni calon masa depan gue" saat pertama kali kalian meng-claim bahwa kalian sedang jatuh hati?.. Pertanyaan selanjutnya adalah apakah itu cinta.. Seperti apa? Kata Rully Anggia, cinta itu ada ketika kita bisa dan mau melakukan hal yang tidak pernah bisa atau mau kita lakukan.. Dan setuju.. Its so Simple.
Satu contoh cinta, seseorang bernama Om fajar adi prakosa sering bercerita tentang istrinya.. Membanggakan istri yang dinikahinya. Menyiratkan betapa ia bersyukur bahwa ia merasa sangat nyaman berada di rumah.. Iya, cinta adalah sebuah jejak yang bisa menuntun kita untuk kembali pulang, dimana pun ia berada.. Berasa aman ketika tahu bahwa dia ada didekat kita.
Ketika Tuhan Maha Tidak Romantis, sesungguhnya ia sedang menyiapkan kertas kosong untuk diberikan kepada setiap pasangan berbahagia untuk 'menuliskan cerita bersama'.. Sepatutnya kita bersabar untuk menunggu kapan kertas itu diberikan untuk kita, ketika Tuhan sudah kembali Maha Romantis..
Setiap orang pasti pernah merasakan keadaan ini.. Ketika masa PMDK alias pendekatan mulu dapet kagak, ketika cintanya tidak terbalas, ketika yang dicinta tidak tahu bahwa ia mencintainya, ketika dia tahu bahwa ia tidak bisa bersama menikah dengannya karena masalah prinsipil, ketika ditolak, ketika ditinggalkan, ketika seseorang yang pernah dicintai ternyata sudah memiliki cinta yang lain, ketika merasa sendiri, ketika seseorang merasa bahwa ia sudah tidak percaya bahwa cinta itu akan kembali ada..
Humm, cinta bisa menjadikan manusia sangat manusiawi ya ternyata.. Manusia yang tak luput dari dosa, lupa, tidur, dan yang pasti, cinta..

1 comment:

sara said...

kenapa si di setiap blog anda ada lagu yang gak mengenakkan ke play terus,,itu spam apa emang anda suka lagu itu?